Diposkan   04 Mei 2023   12:00 WIB   Oleh : admin   Liputan Utama

FGD Strategi Peningkatan Kemandirian Fiskal Daerah

FGD Strategi Peningkatan Kemandirian Fiskal Daerah

Bapenda Provinsi Jawa Tengah menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Strategi Peningkatan Kemandirian Fiskal Daerah Dalam Menyongsong Implementasi UU No. 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD)” di Asrama Haji Donohudan Kamis (4/5).

FGD tersebut melibatkan narasumber pembahas dari unsur Pimpinan dan Anggota DPRD dengan peserta antara lain anggota Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), perwakilan Kepala UPPD dan beberapa OPD terkait lainnya. Semangat Local Taxing Power yang diinisiasi dalam UU HKPD tersebut selain mengubah skema Bagi Hasil Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) menjadi Opsen PKB dan Opsen BBNKB bagi pemerintah Kabupaten/Kota juga tercermin dalam skema perluasan basis pajak provinsi yang semula 5 jenis pajak menjadi 7 jenis pajak.

Implementasi UU HKPD ini mensyaratkan penyusunan Perda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang dikemas dalam satu perda, namun demikian belum terbitnya peraturan pemerintah tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sampai dengan saat FGD dilakukan menjadi tantangan tersendiri. Melalui FGD yang menghadirkan pemateri Kepala BPKAD Provinsi Jawa Tengah Bp. Slamet, AK ini juga diharapkan dapat memberikan pengayaan khasanah keilmuan guna melengkapi kajian dalam proses penyusunan dan pembahasan Raperda tentang Pajak Daeah dan Retribusi Daerah.


Share:


Liputan Utama indeks
Liputan Daerah indeks